Penyebab Awal Timbulnya Penyakit Kaki Gajah

Hari
Penyebab awal awal timbulnya penyakit gajah pada seseorang adalah disebablkan oleh gigitan nyamuk dimana nyamuk yang menggigit akan meninggalkan larva/parasit dalam darah dan terus akan menjalar keseluruh jaringan ketika sampai pada jaringan sistem lympa maka berkembanglah menjadi penyakit tersebut. Penyakit Kaki gajah termasuk penyakit menular yang disebabkan cacing Filaria yang ditularkan oleh gigitan Nyamuk


Menurut WHO, Penyakit Kaki Gajah umumnya banyak terjadi di wilayah tropis dan salah satu urutan negara yang paling banyak menderita penyakit kaki gajah adalah wilayah Asia Selatan termasuk India dan Bangladesh, Afrika, Pasifik dan Amerika. Penyakit kaki gajah banyak pula terjadi di wilayah asia tenggara tepatnya negara Thailand dan Indonesia

Penyakit ini terkenal penyakit menahun sehingga jika tidak mendapatkan pengobatan, dapat menimbulkan cacat permanen berupa pembesaran kaki yang tidak akan kunjung sembuh, lengan dan alat kelamin baik perempuan maupun laki-laki. Walaupun Penyakit Kaki Gajah ini tidak termasuk penyakit yang mematikan, namun demikian bagi penderita mungkin menjadi sesuatu yang dirasakan memalukan bahkan dapat mengganggu aktifitas sehari-hari.

Pengobatan
Tujuan utama dalam tindakan pengobatan atau penanganan dini terhadap penderita penyakit kaki gajah adalah untuk membasmi atau menghabisi parasit atau larva yang berkembang dalam tubuh penderita, sehingga tingkat penularan dapat ditekan dan dikurangi.

Gejala Umum Penyakit Kaki Gajah
Penderita Kaki gajah memiliki gejala awal antara lain, Sering demam secara berulang-ulang selama 3-5 hari, demam hanya akan dapat hilang bila istirahat dan demam akan muncul kembali setelah bekerja berat, pembengkakan kelenjar getah bening (tanpa ada luka) didaerah bagian lipatan paha, ketiak/lymphadenitis yang tampak kemerahan, panas dan sakit. Sedngkan Gejala-gejala lain yaitu berupa radang saluran kelenjar getah bening yang terasa panas dan sakit yang menjalar dari pangkal kaki atau pangkal lengan kearah ujung (retrograde lymphangitis), filarial abses akibat seringnya menderita pembengkakan kelenjar getah bening, dapat pecah dan mengeluarkan nanah serta darah, pembesaran tungkai, lengan, buah dada, buah zakar yang terlihat agak kemerahan dan terasa panas (early lymphodema)
Share on :