Cara Mencegah Pembobolan Akun Facebook Dan Pencurian Password Facebook

Hari
Pencurian dan Pencurian Password facebook belakangan ini marak terjadi, semua itu tak lepas dari meningkatnya pengguna facebook dan terus bertambah. Kita harus tahu bagaimana cara mencegah pembobolan akun dan password facebook anda, terlebih jika anda memiliki data-data penting di dalam akun facebook anda. Seperti kita tahu, Facebook merupakan salah satu situs Jejaring social paling di gandrungi banyak kalangan dari berbagai profesi.

Facebook sebagai media interaksi dengan segala kepentingan yang terdapat di dalamnya baik sebagai media pertemanan maupun sebagai media pengembangan bisnis menjadi lahan empuk bagi para pelaku cybercrime untuk melakukan pencurian data pemilik akun facebook. Salah satu ciri akun facebook yang telah dikuasai para pelaku kejahatan dunia maya ini adalah pemilik akun facebook selalu gagal setiap login ke facebook walaupun username dan password yang dimasukkan benar. Kegagalan mengakses akun facebook biasanya ditandai dengan beberapa alasan seperti “password dan username tidak cocok” ataupun “akun tidak eksis”.

Apakah ada suatu teknik cracking untuk membobol akun facebook antar individu? Jawabannya ada beberapa. Lalu pertanyaan selanjutnya adalah, apakah ada teknik untuk melumpuhkan akun facebook atau social networking lainnya?

Teknik yang pernah terungkap untuk menyerang akun facebook beberapa waktu lalu adalah dengan membanjiri data pada server facebook dengan teknik DDOS atau biasa dikenal dengan Distributed Denial of Service sehingga server lumpuh selama beberapa jam seperti yang terjadi pada facebook dan twitter tahun 2009 oleh cracker dari Rusia. Kemungkinan seperti ini perlu kita waspadai.

  • Penggunaan Keylogger
Penggunaan Keylogger merupakan salah satu cara yang sangat efektif bagi para cracker untuk mencuri password dari akun facebook anda. Dengan menginstall software dan atau hardware keylogger pada notebook maupun PC sasaran, maka otomatis segala bentuk ketukan pada keyboard maupun aktivitas browsing anda akan terekam dengan detail dan sistematis.

  • Sniffing
Teknik kedua adalah dengan menggunakan tools yang biasa digunakan sniffing seperti Cain and Abel pada area yang terkoneksi WiFi jadi tools tersebut memang “mencari aktifitas” pada laptop-laptop yang terkoneksi. Maka anda harus berhati-hati juga apabila sedang mobile dan mengakses HotSpot.

  • Phishing
Cara ketiga adalah dengan mengklik url yang diberikan oleh aplikasi facebook maupun via email yang mengatasnamakan facebook. Atau menjebak Anda dengan tawaran aplikasi asing pada facebook merupakan aplikasi yang lepas dari maintenance facebook sendiri.

Aplikasi tersebut dapat dibuat oleh siapa saja dan kapan saja dan random sifatnya. Untuk mencuri username dan password tersebut, biasanya korban disuruh mengakses link yang sengaja dibuat dan diperintahkan memberikan password dan usernamenya.

Mudah-Mudahan Bermanfaat
Share on :