Tentang Kahlil Gibran Dan Puisi - Puisi Cinta Kahlil Gibran

Hari
Kahlil Gibran merupakan seorang penulis terkenal dan termasuk jajaran penulis-penulis besar dunia.. Kahlil Gibran lahir di Beshari Libanon pada tanggal 6 Januari 1883. Karya-karya nya banyak dikagumi berbagai kalangan.

Karya dan tulisan Kahlil gibran tak pernah lepas dari sebuah realitas dan fenomina kehidupan. Bahkan tempat lahirnya sendiri “ beshari “ yang kerap di singgahi badai, gempa dan petir tak luput dari perhatian gibran sebagai media inspirasi, sehingga membuat Gibran sudah terbiasa menangkap fenomena-fenomena alam tersebut. Inilah yang nantinya banyak mempengaruhi tulisan-tulisannya tentang alam.

Sejak masa remaja visi Gibran tentang tanah kelahiran dan masa depannya mulai terbentuk Tirani kerajaan Ottoman, sifat munafik organisasi gereja, dan peran kaum wanita Asia Barat yang sekadar sebagai pengabdi, mengilhami cara pandangnya yang kemudian dituangkan ke dalam karya-karyanya yang berbahasa Arab.

Ketika usia 10 tahun gibran hijrah ke Boston Amerika serikat bersama ibunya, disanalah kahlil gibran yang masih belia mendapatkan pengalaman dan kejutan-kejutan budaya seperti yang banyak di alami oleh para imigran lainnya. Keceriaan Gibran di bangku sekolah umum di Boston, diisi dengan masa akulturasinya maka bahasa dan gayanya dibentuk oleh corak kehidupan Amerika. Namun, proses Amerikanisasi Gibran hanya berlangsung selama tiga tahun karena setelah itu dia kembali ke Bairut, di mana dia belajar di Madrasah Al-Hikmat (School of Wisdom) sejak tahun 1898 sampai 1901.

Sebelum tahun 1918, Gibran sudah siap meluncurkan karya pertamanya dalam bahasa Inggris, "The Madman", "His Parables and Poems". Persahabatan yang erat antara Mary tergambar dalam "The Madman".

Setelah menulis "The Madman", kemudian Gibran kemudian "Twenty Drawing", 1919; "The Forerunne", 1920; dan "Sang Nabi" pada tahun 1923, karya-karya itu adalah suatu cara agar dirinya memahami dunia sebagai orang dewasa sekaligus sebagai seorang siswa sekolah di Lebanon, Karya kahlil gibran ditulis dalam bahasa Arab, namun tidak dipublikasikan dan kemudian dikembangkan lagi untuk ditulis ulang dalam bahasa Inggris pada tahun 1918-1922.

Salah satu puisi cinta yang ditulis Kahlil Gibran dan paling terkenal adalah berjudul " Cinta yang Agung"

Berikut ini adalah petikan terjemahan puisi tersebut:

CINTA yang AGUNG
Adalah ketika kamu menitikkan air mata
dan MASIH peduli terhadapnya..
Adalah ketika dia tidak mempedulikanmu dan kamu MASIH
menunggunya dengan setia..
Adalah ketika dia mulai mencintai orang lain
dan kamu MASIH bisa tersenyum sembari berkata ‘Aku
turut berbahagia untukmu’

Apabila cinta tidak berhasil…BEBASKAN dirimu…
Biarkan hatimu kembali melebarkan sayapnya
dan terbang ke alam bebas LAGI ..
Ingatlah…bahwa kamu mungkin menemukan cinta dan
kehilangannya..


Karya drama pertama Kahlil Gibran di tulis di Paris dari tahun 1901 hingga 1902, ketika itu usianya masih 20 tahun. Karya pertamanya, "Spirits Rebellious" ditulis di Boston dan diterbitkan di New York, dalam tulisannya yang berisi empat cerita kontemporer itu merupakan sindiran keras yang meyerang orang-orang korup yang dilihatnya dan Akibatnya, Kahlil Gibran harus menerima hukuman berupa pengucilan dari gereja Maronite. Akan tetapi, sindiran-sindiran Gibran itu tiba-tiba dianggap sebagai harapan dan suara pembebasan bagi kaum tertindas di Asia Barat.

Masa-masa pembentukan diri selama di Paris cerai-berai ketika Gibran menerima kabar dari Konsulat Jendral Turki, bahwa sebuah tragedi telah menghancurkan keluarganya. Adik perempuannya yang paling muda berumur 15 tahun, Sultana, meninggal karena TBC.
Share on :