Tentang Redenominasi Rupiah

Hari
Redenominasi sebuah kata yang agak asing dipendengaran kita, lalu apa Pengertian Redenominasi Rupiah yang saat ini sedang hangat di bicarakan. Tentang wacana Redenominasi Rupiah yang terdengar belakangan ini merupakan wacana dari Bank Indonesia atau BI untuk menyederhanakan pecahan mata uang yang beredar saat ini
Redenominasi adalah Penyederhanaan pecahan mata uang yang bernilai besar dari angka menjadi pecahan angka lebih sedikit dengan cara mengurangi angka nol tanpa memangkas atau mengurangi nilai mata uang tersebut sebagai alat transaksi.

Tentang Redenominasi Rupiah, misalnya jika anda membeli beras pada dengan harga RP 10.000, jika Redenominasi rupiah ini diberlakukan maka anda tetap membayar harga beras tersebut dengan harga Rp 10 (tapi mengurangi angka 3 digit dibelakangnya),
Rencana Redenominasi Rupiah menurut Bank Indonesia memerlukan waktu selama 10 tahun. Dimulai tahap sosialisasi pada tahun 2011-2012 kemudian pada tahun 2013, dilakukan Redenominasi sebagai masa transisi hingga tahun 2015. Nah pada masa transisi ini, akan dipakai dua penilaian yang disebut istilah rupiah lama dan rupiah baru. Jadi anda bisa membeli barang dengan harga Rp 100.000 bayarnya bisa pake uang rupiah lama yaitu pecahan Rp 100.000 atau menggunakan uang rupiah baru yaitu Rp 100 (Redenominasi rupiah).
Kapan Redenominasi Rupiah Berlaku

Redenominasi seperti di ungkapkan Bank Indonesia memerlukan waktu selama 10 tahun. Dan dimulai secara bertahap, mulai dari sosialisasi pada tahun 2011-2012 kemudian pada tahun 2013, dilakukan Redenominasi sebagai masa transisi hingga tahun 2015.
Menurut informasi pada masa transisi ini transaksi jual beli akan digunakan dua penilaian yang disebut istilah rupiah lama dan rupiah baru. Jika anda membeli barang dengan harga Rp 50.000 anda tetap bisa membbayar dengan mata uang lama yaitu pecahan Rp 50.000 atau anda bisa menggunakan mata uang rupiah baru yaitu Rp 50 (Redenominasi rupiah). Nah pada saat transisi ini dibelakukan dua pilihan untuk transaksi dan semua itu terserah anda, kecuali jika redenominasi rupiah ini telah berjalan efektif maka kita harus mengikuti cara baru yaitu Redenominasi lah yang berlaku, itupun sekitar th 2015 dan Rencana Redenominasi ini berlaku total pada tahun 2022.
Share on :