Gunung Sinabung Meletus Lagi

Hari
Gunung sinabung terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Selama ratusan tahun gunung ini tidak ada aktifitas menonjol bahwa gunung sinabung akan segera meletus. Ternyata selama ratusan tahun gunung sinabung ini diam-diam mengumpulkan magma untuk dimuntahkan dalam letusan besar.

Pada hari minggu tanggal 29 Agustus 2010 pukul 00.15 WIB setelah hampir 1600 tahun yang lalu. Gunung Sinabung, Karo, Sumatera Utara kembali meletus pagi tadi, pukul 06.30 Wib, Senin 30 Agustus 2010. Letusan yang mengeluarkan asap tebal itu, berakibat menimbulkan kubah lava baru di puncak gunung sinabung.

Gunung Sinabung merupakan anak gunung raksasa Toba yang pernah meletus luar biasa pada 70.000 tahun lalu. Menurut pengamatan Gunung sinabung merupakan anak anak gunung yang paling besar, dan aktif di kompleks Gunung Toba yang meninggalkan kaldera terbesar di muka bumi, yaitu kaldera Danau Toba.

Gunung Sinabung dengan diameter 7 km dan memiliki ketinggian 2.475 merupakan gunung merapi yang diduga sudah tidak aktif, dan pada 29 Agustus 2010 tiba –tiba gunung snabung terjaga dan batuk-batuk setelah kurang lebih 1600 tahun lamanya ia tertidur
Share on :